Sabtu, 27 Desember 2014

MEMBUAT TEKO 3 DIMENSI (3D) MENGGUNAKAN 3ds Max



“MEMBUAT TEKO 3 DIMENSI (3D)”
   Bersama : Aditya, ST



-----------------------------------------------------------------------
Hallo sahabat (S-A-A-D) .. hari ini saya ingin membagikan tutorial 3ds Max yg telah di kerjakan oleh teman saya ,Untuk tutorial yang pertama ini, saya akan memberikan tutorial membuat objek teko (Teapot) 3D. Membuat objek teko sangat mudah dengan aplikasi 3ds Max. mengapa? Karena fitur pembuatan objek ini sudah tersedia di 3ds Max. Tinggal klik dan buat di layar 3ds Max. jadi! Simple dan instant! ;) Mengapa fitur objek teko sudah tersedia di aplikasi 3ds Max? Sedangkan fitur pembuatan objek yang lainnya semisal objek gelas, piring, topi, kursi, dan lainnya tidak disediakan di 3ds Max?

Sejarahnya cukup panjang J

Objek teko alias teapot adalah objek yang dulunya banyak digunakan pada masa-masa pembuatan dan pengujian aplikasi 3ds Max. Objek teko digunakan untuk membuat dan menguji berbagai fitur-fitur yang dikembangkan oleh 3ds Max kala itu. Mengapa objek teko yang dipilih? Karena objek teko adalah salah satu objek yang simple dan unik. J

Oleh karenanya, untuk “menghargai” jasa-jasa objek “teko” ini, maka 3ds Max membuat fitur khusus untuknya, sejak dari versi-versi awal kemunculan 3ds Max sekian tahun silam hingga versi terbarunya saat ini, fitur pembuatan Teapot selalu tak ketinggalan tampil turut serta.

Objek teko punya “kenangan” tersendiri di “hati” 3ds Max. Demikian history panjangnya J

Ok, ayo sekarang kita buat objek teko di 3ds Max.

--------------------------------------------------------------------
01.  Klik tab “Create” (icon panah warna putih).
 Klik tombol “Geometry” (icon bola warna abu-abu). 
 Klik tombol “Teapot”.



02.  Buka rollout “Keyboard Entry”.
 Isi parameter “Radius”. Misal = 25. Lalu tekan tombol “Enter” di keyboard.
 Lalu klik tombol “Create”.


 Maka objek teko 3D akan muncul di Viewport 3ds Max.




03.  Lalu lihat rollout “Parameters”.
 Isi parameter “Segments”. Misal = 11. Lalu tekan tombol “Enter” di keyboard.






04.  Klik Viewport Perspective.
 Klik menu “Rendering”.
 Klik “Render”.




05.  Tadaaaa!!! Selesai! Simple kan?! ;)
 Nantinya saya akan berbagi tutorial membuat objek teko kartun seperti  gambar berikut. Sampai jumpa kembali di tutorial 3ds Max lainnya. Salam Max! ;)



Nah.. sekian untuk tutorial 3ds Max kita kali ini :) .. di tunggu updatenya per minggu ya .. pantengin terus SemuaArtikelAdaDiSini.blogspot.com karena kami akan mengupdate tutorial per minggunya dengan bantuan pak Aditya, ST (Creative Director DreamARCH Animation) jika tidak ada hambatan..



ikutin terus ya rubrik ‘3DS MAX EAZY’

Lihat juga ya tutorial-tutorial lainnya dari (S-A-A-D) di sini : CLICK HERE



Jika ada yang ingin ditanyakan tentang Animasi, 3ds Max maupun hal lainnya yang berhubungan dengan dunia Animasi dan Kreatif, silahkan berkomentar di bawah atau bisa menghubungi email

:-dreamarchanimation2010@gmail.com
:-muhammad.danish114206@gmail.com



credit : Aditya, ST (Creative Director DreamARCH Animation)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar